Terpercaya, Inovatif, Kreatif

BSI-TOYOTA Collaboration Center (BTCC) berhasil membuat sistem kontrol kursi roda dengan menggunakan gelombang otak dengan kecepatan transfer kurang dari 125 milisekon.

Cukup dengan memikirkannya saja, orang bisa menggerakkan kursi roda yang dinaikinya. Apakah kursi roda akan maju, mundur, atau belok semua tergantung pikiran penggunanya tanpa perlu menyentuh tombola tau mengayuh roda lagi.

Kursi roda yang terhubung dengan ratusan elektroda yang menyerupai topi dan dikenakan pada tengkorak penggunanya ini, untuk selanjutnya mentransfer pikiran ke dalam sistem software yang ada dalam kursi roda.

Sistem baru BTCC ini menggabungkan BSS (Blind Signal Separation adalah teknologi yang memisahkan komponen noise dan komponen sinyal yang akan digunakan dari sinyal otak sehingga dapat menjalankan kursi roda) dan teknologi space-time-frequency filtering (teknologi yang mengekstrak pola ruang dan waktu, serta data frekuensi osilasi dari elektroda EEG untuk membedakan komponen penting yang dipercaya sebagai pengontrol kursi rodanya) agar dengan cepat menganalisis gelombang otak .

Hasil dari analisa gelombang ditampilkan pada panel dengan kecepatan yang tinggi sehingga pengendaranya tidak akan merasakan delay. Sistemnya memiliki kapasitas untuk mengatur sendiri karakteristik tiap penggunanya, sehingga dapat menambah efisiensi dalam memberikan perintah. Sistem yang baru telah berhasil menciptakan perintah yang sesuai pikiran untuk menggerakan kursi roda. Akurasi rata-ratanya 95% berhasil sesuai dengan perintah.

“Ini merupakan temuan teknologi transfer otak tercepat dalam riset-riset serupa,” klaim Toyota. dalam rilisnya Toyota mengatakan sistem temuannya mampu menghantarkan transfer pikiran di otak ke obyek yang dituju dalam waktu 125 milisekon atau hampir secepat kecepatan suara, yang diklaim jauh lebih cepat dari capaian pada riset-riset serupa.

“Temuan ini dapat membantu orang tua atau orang cacat untuk bisa terus berinteraksi dengan dunia, cukup melalui otak (keinginan) mereka, tanpa perlu melakukan sesuatu bahkan tanpa perlu bersuara,” kata Toyota, “semoga bisa berguna di panti-panti rehabilitasi untuk membantu para penderita cacat lebih leluasa menggunakan kursi rodanya.”

Bahasa Otak dan Bahasa Komputer

Saat ini perusahaan-perusahaan sistem computer dunia telah mengarahkan riset pada studi-studi yang menggabungkan sistem biologi dengan bahasa pemrograman computer agar dapat menterjemahkan bahasa otak ke dalam bahasa pemrograman computer.

Pada akhir tahun 2007, seorang peneliti dari Universitas Tucson, Arizona, berhasil menghubungkan bahasa otak kedalam peralatan elektronik, sehingga bisa menggerakan sebuah robot. Profesor Charles Higgins memprediksi penggunaan teknologi kombinasi ‘hybrid’ otak dengan komputer akan menjadi barang-barang umum dipasar dalam 10 sampai 15 tahun lagi.

Pada Januari 2008, sebuah gabungan ilmuwan Amerika dan Jepang juga telah mengumumkan keberhasilan mereka menggabungkan kinerja otak pada kera untuk menggerakkan sebuah robot. Perkembangan lebih lanjut dari riset-riset ini, nantinya akan mengetahui rahasia dibalik mekanisme kerja otak manusia dalam menggerakkan alat-alat tubuh seperti tangan dan kaki.

Temuan-temuan ini sesungguhnya bukan sesuatu yang sepenuhnya baru, mengingat fisikawan utama dunia Stephen Hawking saat ini hidup dan beraktivitas diatas kursi rodanya yang dijalankan dengan menggunakan sistem ini.

Namun berita perkembangan riset Toyota ini menjadi menarik karena telah mendekati pada tahap riset teknologi terapan, sehingga tinggal selangkah lagi, teknologi otak akan bisa diproduksi masal untuk berbagai keperluan manusia. (JA)

Berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: