Terpercaya, Inovatif, Kreatif

image_mini

Margarita Calafell, Peneliti dari Department of Chemical Engineering of the UPC’s School of Industrial and Aeronautical Engineering of Terrassa (ETSEIAT), telah mengembangkan material baru yang menggunakan bioteknologi untuk mengendapkan kertas.

Di banyak permasalahan, material baru dapat mengganti bungkus plastik. Material baru yang telah dipatenkan ini memiliki sifat yang khas. Material tersebut memiliki kerapatan yang rendah, dapat dibentuk, anti api, tidak dapat ditembus, dan memiliki resistansi yang tinggi. Bahan ini mungkin dapat mengganti bahan-bahan lain yang tidak bersahabat bagi lingkungan di banyak sektor industry dan produksi.

Kertas daur ulang untuk menghasilkan lebih banyak kertas atau dibentuk menjadi karton telah dilakukan di waktu yang lama. Produksi terbaru yang memiliki resistansi yang tinggi, serbaguna dan ramah lingkungan tanpa menghasilkan limbah yang tidak diinginkan dalam prosesnya ini adalah ide baru yang sempurna. Hal ini telah dicapai oleh Margarita Calafell, peneliti dari UPC’s Terrassa Campus yang bergerak pada grup peneliti Enzyme Catalysis Laboratory of the UPC’s Engineering and Biotechnology (ENGIBIO).

1 kg Kertas, 1 kg Material Baru
Margarita Calafell telah menemukan cara terbaru bioteknologi. Dia memodifikasi sifat kimia dan struktur material selulosa yang keluar dari proses daur ulang kertas. Kemudian, dia membuat padatan baru, dapat dibentuk, anti-api, tidak dapat ditembus, kuat, berpori, dapat menjadi pengganti bahan material yang tidak ramah lingkungan atau terlalu mahal, seperti plastik, kayu buatan atau karet. Hal ini dicapai melalui produksi yang tepat, tiap satu kilogram kertas memproduksi satu kilogram material baru yang memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang industry dan produksi.

Pengganti Eternit dan Polystyrene
Karena material ini kuat, mengisolasi, tidak dapat tembus dan memiliki kerapatan yang rendah, bahan ini dapat mengganti eternit dan bahan-bahan lainnya yang digunakan pada konstruksi, seperti sekat dinding, papan kedap suara atau plafon. Material ini memiliki sifat mouldability artinya bahan ini dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis produksi pembungkus dan dapat mengganti polystyrene.

Metoda Serbaguna
Material telah dipatenkan oleh Calafell, dengan paten UPC. Inovasi dari material baru menghasilkan cara baru yang serbaguna. Peneliti menyatakan bahwa teknik ini juga dapat digunakan untuk memodifikasi sifat dari berbagai macam sisa dari bahan selulosa (kertas), bahan polimer (plastik), dan karet. Namun material baru ini dengan keunikannya dan sifat yang seragam masih belum memiliki nama.(JH)

Comments on: "Material Baru Dari Endapan Kertas, Pengganti Bungkus Plastik" (3)

  1. jinggaempatsatu said:

    like this.. ^^

  2. apaan nie,, bagus!!!

  3. natalia said:

    saya jadi penegen tau, mungkin bisa dijelaskan proses singkat proses pengeluaran selulosa dari limbah kertas…?
    thx b4…^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: