Terpercaya, Inovatif, Kreatif

eskalatorinovatifOrang dengan mobilitas yang kurang karena harus menggunakan kursi roda, orang yang membawa muatan yang besar dan lainnya akan dapat melakukan perjalanan naik dan turun lantai tanpa perlu asisten. Eskalator yang inovatif telah didesain oleh Jesús Sánchez, pelajar dari the School of Industrial and Aeronautical Engineering of Terrassa (ETSEIAT) dari the Universitat Politècnica de Catalunya (UPC). Eskalator desain terbaru ini telah dikembangkan untuk thesis akhir dan menerima penghargaan dari College of Industrial Engineers of Catalonia dan Universia Foundation. Eskalator ini memberikan keamanan energi, bahan material dan biaya instalasi.

Eskalator konvensional tidak dapat secara lengkap mengatasi masalah orang dengan mobilitas yang terbatas seperti orang yang menggunakan kursi roda, orang-orang usia lanjut, dan orang yang membawa kereta dorong. Eskalator hanya menjadi hambatan lain yang dijauhi orang-orang ini, seringkali dengan bantuan dari orang lain dan membuang-buang waktu. Pelajar ETSEIAT Jesús Sánchez mendesain eskalator baru yang dapat digunakan oleh semua orang.

Bagaimana Kerja Eskalator

Jesús Sánchez memulai dengan konsep awal sama seperti desain eskalator yang digunakan sekarang ini tapi dia membuat rangkaian inovasi yang luar biasa. Pengguna yang memiliki mobilitas terbatas dapat menggunakan eskalator dengan cara yang sama seperti orang lain. Bagaimanapun, ketika seseorang dengan keterbatasan mobilitas yang menggunakan kursi roda memerlukan penggunaan eskalator, dia akan menekan sebuah tombol sehingga membuat tiga buah anak tangga dari eskalator bergerak bersama secara vertical membentuk sebuah platform rata yang dapat memuat kursi roda. Salah satu pengguna platform dengan kursi roda ditempatkan secara sempurna dan eskalator akan bergerak hingga pengguna sampai pada ujung eskalator. Ketika pengguna meninggalkan eskalator, platform tersebut akan kembali lagi menjadi anak tangga biasa.

Jesús Sánchez juga telah lebih dulu membuat sistem komando jarak jauh untuk orang dengan keterbatasan fisik yang tidak dapat menekan tombol untuk mengaktifkan platform. Desain eskalator inovatif ini juga menggabungkan sistem cahaya dan sinyal akustik untuk memungkinkan orang dengan mata atau pendengarannya terbatas.

Keselamatan pengguna adalah unsure penting lainnya dari desain ini. Eskalator memasukkan baterai cadangan untuk persediaan energi jika terjadi pemadaman listrik ketika pengguna berada di tengah perjalanan sehingga pengguna dapat sampai tujuannya tanpa masalah apapun.

Penghematan Energi dan Dana

The stair belt that moves between the upper and lower levels of the slope is the same for the ascent as it is for the descent. That is, it works with a closed circuit, similar to the luggage transporters at airports, but on a slope, which means the same escalator can be used for transporting people in both directions. Current escalators require one installation for ascent and another for descent because the stair belt is designed for movement in a single direction only. According to the creator of the innovative design, “the main technical difficulty that I had to overcome was to find a way to make the stairs turn at the end of the slopes, but in the end I managed it”.

Sistem yang didesain oleh Jesús Sánchez menghemat energi dan biaya pemasangan dan bahan jika dibandingkan dengan sistem eskalator sekarang. Dia berpendapat bahwa energi dihemat hingga 30% dibandingkan dengan eskalator sekarang dan penghematan ekonomi hingga 35%. “Seringkali perusahaan dan dewan kota berpikir bahwa lift sebagai jalan untuk menyediakan akses bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, tapi sistem saya lebih murah dan lebih dapat menopang dibandingkan pemasangan lift.” kata Jesús Sánchez.

5.6 Juta Manusia dengan Kesulitan Mobilitas

Desain ini sangat banyak dibutuhkan karena di Spanyol saja ada 3.5 juta manusia dengan beberapa jenis ketidakmampuan fisik dan 5.6 juta manusia yang kesulitan untuk naik atau turun tangga. Lainnya adalah orang dengan kesulitan bergerak secara tidak langsung dikarenakan Jesús Sánchez dan dosennya, David Huguet, dari UPC Terrassa Campus membuat desain dan konsep baru pada eskalator yang dapat digunakan oleh semua orang.

Desain Dipatenkan

Pada saat ini Jesús Sánchez telah menerima penghargaan untuk tugas akhir paling kreatif di ETSEIAT dari College of Industrial Engineers of Catalonia. Desainnya juga dipatenkan dan sekarang investor harus ditemukan untuk membiayai konstruksi dari eskalator inovatif ini.(JH)

Sumber: ScienceDaily

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: