Terpercaya, Inovatif, Kreatif

Sebanyak 3.278 mahasiswa Unpad peserta Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) secara resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Para peserta KKNM ini akan disebar di 7 kabupaten (Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Sukabumi, Sumedang, Bandung), 22 kecamatan, 116 desa sebagian besar menyebar di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Acara Pelepasan KKN Mahasiswa Unpad Tahun 2009 yang dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, ini dilaksanakan di Gedung Olah Raga Citra Arena Jl. Cikutra Bandung, Selasa (30/06). Tampak hadir pula dalam acara tersebut Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, dr. Trias Nugrahadi, Sp. KN, Ketua LPPM Unpad Prof. Oekan S. Abdoellah, M.A., Ph.D., beserta jajarannya dan para Dosen Pembimbing Lapangan.

Gubernur Jabar dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki prioritas dalam program-program pembangunan, antara lain, bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, infrastruktur dan lingkungan hidup. “Saya mengharapkan para mahasiswa dapat turut mendukung program-program tersebut melalui kegiatan KKNM ini. Diharapkan mahasiswa dapat memberi sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat setempat,” ujarnya.

Rektor Unpad menjelaskan bahwa program KKNM yang telah dilaksanakan secara bertahun-tahun ini dimaksudkan untuk memperkenalkan mahasiswa pada kondisi-kondisi nyata di masyarakat. “KKNM ini akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup bersama-sama masyarakat, dan diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi mahasiswa itu sendiri,” ujar Prof. Ganjar.

Rektor juga berpesan kepada para peserta KKNM untuk mengupayakan semaksimal mungkin waktu yang tersedia untuk belajar bermasyarakat di desa. “Buatlah kegiatan-kegiatan yang dapat membantu masyarakat. Lakukan sesuatu yang bermafaat dan jangan membebani masyarakat. Selain itu, kenali budaya setempat. Jangan sampai membuat masalah apalagi sampai menyinggung masayarakat desa,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua LPPM Unpad selaku penyelenggara program KKNM ini, menjelaskan bahwa KKNM kali ini berbeda dengan KKNM sebelumnya. KKNM kali ini bertema KKNM-PPMD (Pengabdian Pada Masyarakat Dosen) Integratif: Belajar Bersama Masyarakat. “Ini merupakan program pembelajaran mahasiswa dan dosen dalam bentuk KKN mahasiswa yang terintegrasi dengan program PPMD yang menekankan pada prinsip belajar bersama masyarakat,” ujar Prof. Oekan.

Prof. Oekan juga menjelaskan bahwa dalam implementasinya, KKNM-PPMD Integratif ini diharapkan mampu menarik keterlibatan pemerintah daerah, industri, swasta, BUMN, LSM dan pihak-pihak lainnya, dengan tujuan akhir mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Para peserta KKNM ini akan diberangkatkan hingga ke kecamatan lokasi KKNM pada dua gelombang. Gelombang pertama tanggal 13 Juli 2009, khusus untuk peserta KKNM dengan tujuan Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik dan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Sumedang. Sedangkan pada tanggal 14 Juli 2009, khusus untuk peserta KKNM dengan tujuan Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung. Informasi selengkapnya dapat membuka http://mahasiswa.unpad.ac.id.

sumber : unpad.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: