Terpercaya, Inovatif, Kreatif

Komodo_5tga_komodo_0128

Vote Pulau Komodo Indonesia menjadi 7 Keajaiban dunia melalui http://www.new7wonders.com/nature/en/vote_on_nominees/?firstselect=6:91. Jika belum terdaftar sebagai anggota New7Wonders, maka registrasi pada kalimat “Not yet a New7Wonders Member? Join now!”(berwarna jingga).

pilih1

pilih2

Hingga tulisan ini diturunkan, Pulau Komodo berada di peringkat 6 dari 11 tempat yang akan dipilih di Group E. Lebih tepatnya dapat diakses melalui http://www.new7wonders.com/nature/en/liveranking/.

Pemilihan 7 Keajaiban Dunia Baru

Taman Nasional Pulau Komodo yang menjadi tempat tinggal komodo, kadal terbesar di dunia yang sering dianggap sebagai naga, diusulkan sebagai situs keajaiban dunia. Selain Pulau Komodo, terpilihnya Segitiga Terumbu Karang sebagai salah satu nominasi juga mengharumkan nama Indonesia, meskipun bentang laut di negeri ini mencakup perairan sejumlah negara lain seperti Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.

Kedua tempat itu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Yayasan New7Wonders sebagai panitia penyelenggara, bahwa lokasi yang diusulkan haruslah situs alam, monumen, atau lanskap alami. “Keajaiban alam itu harus berupa tempat alami atau monumen alam yang tidak diciptakan atau direkayasa oleh campur tangan manusia demi alasan estetika,” kata pihak yayasan itu dalam situs Internetnya. “Fenomena alam atau fisik seperti cahaya utara, arus teluk, atau bintang jatuh tidak masuk kualifikasi.”

Diperkirakan, lebih dari satu miliar orang dari seluruh dunia akan memberikan suaranya lewat Internet di http://www.new7wonders.com untuk memilih 77 semifinalis sampai 7 Juli 2009. Dewan pakar yang diketuai oleh Prof. Frederico Mayor, mantan Direktur Jenderal UNESCO, akan meninjau 77 semifinalis itu dan memilih 21 finalis yang akan diumumkan pada 21 Juli 2009.

Voting akan kembali dibuka untuk menentukan tujuh dari 21 finalis yang berhak menjadi tujuh keajaiban dunia yang baru. Berbeda dengan pemungutan suara pada tahap sebelumnya yang harus dilakukan lewat Internet, dalam voting terakhir nanti para pendukung bisa menyampaikan suaranya lewat internet, telepon, dan SMS. Registrasi lewat Internet dilakukan untuk mencegah orang memberikan suaranya dua kali.

Semua orang diperbolehkan memberikan suaranya melalui pemungutan suara sampai 2011. “Kami mengundang semua orang dari seluruh dunia untuk memperlihatkan apresiasi mereka secara aktif bagi keajaiban alam di sekeliling kita dengan bersama-sama merayakan tempat paling luang biasa di planet ini,” tutur Tia Viering, juru bicara kampanye New7Wonders.

Yayasan nonprofit yang bermarkas di Swiss itu telah mengumpulkan 441 nominasi yang diusulkan oleh orang-orang dari seluruh dunia lewat Internet sejak proses seleksi dibuka pada 2007. Yayasan itu memilih atraksi alam dengan jumlah suara terbanyak dari setiap negara.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengulang kesuksesan pemilihan tujuh keajaiban dunia pada 2007 lalu. Sekitar 100 juta orang memberikan suaranya dalam ajang pemilihan tujuh keajaiban bangunan buatan manusia tersebut. Para pemenang kompetisi yang juga digelar oleh New7Wonders itu adalah Piramid Giza (Mesir), Colosseum (Italia), Tembok Raksasa Cina, Taj Mahal (India), Petra (Yordania), Patung Kristus Penebus (Brasil), Machu Picchu (Peru), dan Piramid Chichen Itza (Meksiko).

“Antusiasme kampanye ini membawa budaya keluar dari sudut berdebu dan kembali ke halaman depan media massa, layar televisi, atau komputer di berbagai tempat, menyeberangi seluruh garis ekonomi dan sosial,” kata Viering. “Semua orang, mulai dari anak sekolah sampai pengusaha, bisa berpartisipasi.”

Pemilihan tempat yang dianggap sebagai keajaiban dunia ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap kekayaan alam di negaranya. Badan budaya Perserikatan Bangsa Bangsa, UNESCO, juga terus memperpanjang daftar situs warisan dunia yang kini mencapai 878 lokasi.

Kampanye New7Wonders yang dipimpin oleh petualang Swiss Bernard Weber ini bertujuan mempromosikan keanekaragaman budaya dengan cara mendukung, melestarikan, dan memperbaiki monumen serta situs alam lainnya. Dana yang diperoleh dari sumbangan dan pajak hak penyiaran digunakan untuk membiayai proses renovasi itu.

Pulau Komodo

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai habitat asli hewan komodo (Varanus komodoensis), oleh penduduk setempat, hewan ini disebut Ora. Hingga kini, hewan komodo menjadi kebanggaan karena menjadi sumber pendapatan penduduk lokal dari para wisatawan yang berkunjung ke pulau yang berpenduduk kurang lebih 4.000 jiwa ini.

Di pulau ini, wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya mencapai hingga 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 kg. Wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus; komodo tengah menyantap rusa, kambing, babi dan menyaksikan komodo berjemur di jalanan dan di cabang pepohonan pada pagi hari.

Untuk melindungi komodo dari kepunahan, maka pada tahun 1980 pemerintah menjadikan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional Komodo. Enam tahun kemudian, yakni tahun 1986, taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Taman nasional ini terdiri atas dua pulau besar, yakni Pulau Rinca dan Padar, yang dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Total luas wilayah daratan taman nasional ini mencapai 1.817 km².

Pulau Komodo merupakan pulau yang terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.(JA)

dari berbagai sumber.

Comments on: "VOTE! Pulau Komodo Jadi 7 Keajaiban Dunia" (20)

  1. Komodo island is the best!

  2. Komodo adalah species langka dan mengagumkan, saya kira terlalu naib jika tidak dimasukkan ke dalam urutan 7 keajaiban dunia

  3. Saya sangat menyambut baik sekali,ketika pertama kali dengar kalau pulau komodo,dijadikan semifinalis 7keajaiban dunia,teman-teman kuliah sudah saya bujuk tuk memvote,saya lakukan sebisa saya untuk mendukung.thanks

  4. Tidak ada alasan untuk tidak bangga akan alam Indonesia. . . Terima kasih untuk rekan-rekan yang telah memberikan suaranya untuk pulau komodo.

  5. Sebagai bangsa Indonesia,saya bangga pulau komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia

  6. Rianti said:

    mudah”an pulau komodo di indonesia terpilih jadi salah satu 7 keajaiban di dunia..banggad jadi orang indonesia klo sampe pulau itu dipilih..

  7. Fitria Iryanti said:

    pulau komodo salah satu pulau kebanggaan aku di indonesia..beautiful n wonderful island..smoga terpilih jd salah 1 keajaiban di dunia, Amiin.

  8. Rianti said:

    mudah”an pulau komodo jd salah satu 7 keajaiban dunia..mkin bangga d jd orang indonesia klo sampe pulau yg indah ini dipilih jd the 7 wonders..

  9. hidayat pasaribu said:

    mudah2an pulau komodo terpilih.dan mudah2an jg pemerintah indonesia jd “nyadar” bahwa ngurusin negara ini bkn cuma urusan politik dan bagi2 kekuasaan aja.tp ada sektor lain yg hrs dieriusin ngurus nya.contohnya ya pulau komodo ini…

  10. mari saudara-saudaraku rakyat indonesia dari sabang sampai marauke kita dukung pulau komodo menuju 7 keajaiban dunia. tunjukan bahwa kita sebagai pewarisnya di mata dunia, dengan demikian pulau komodo akan lebih dasyat!

  11. fajrul islamy said:

    mari smua nya
    kita berdoa
    moga2 indonesia masuk new 7 wonders

  12. AHMAD IHSAN YUSUF said:

    SAYA AMAT SNGAT BNGGA BLA INDONESIA MPUNYAI BNYAK KEAJAIBAN DUNIA DAN KTA JGA PRLU MNDUKUNG PULAU KOMODO UNTK JDI 7 KEAJAIBAN DUNIA (JJJJJJJJJJIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNN SSSSSSSSSSSSSSSOOOOOOOOOOOOOOO)

  13. Muh. Basri Rasyid said:

    Ayo orang indonesia
    kompak vote pulau komodo
    jadi finalis new 7 wonders…

  14. Fathur Rahman CAG. said:

    Semoga KOMODO ISLAND…menjadi salah satu pemenang dari festival keajaiban dunia ini…Mari bersama-sama memelihara melestarikan dan menjadikan pulau komodo sebagai salah satu daya tarik untuk wisatawan baik domestik maupun luar negeri sehingga mereka brkunjung ke Indonesia…..

  15. I’m so support it,,, more and more….

  16. safira nadine said:

    kok gk bisa

  17. indonesia tanah airku……

    kan menjdi drah dagingq…

    pulau ku indah komodo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: